Study Aviation at ITB Fac.of Aerospace Eng.

1. Prodi Teknik Mesin

2. Prodi Teknik Penerbangan Pendidikan Teknik Penerbangan di ITB mulai dirintis tahun 1962 dan sejak tahun 2004, Teknik Penerbangan ITB ditetapkan sebagai institusi pusat pendidikan pengembangan ilmu kedirgantaraan untuk wilayah Asia Tenggara oleh sebuah program Asean University Network yang disponsori oleh Jepang.

3. Prodi Teknik Material Pembukaan Program Studi (S1) Teknik Material dan Program Magister (S2) Ilmu dan Teknik Material sebelum berdirinya didahului dengan pembentukan Kelompok Bidang Keahlian Teknik Produksi & Metalurgi di Jurusan Teknik Mesin sejak tahun 1971 yang dipimpin oleh Prof. Ir. Tata Surdia, MSMetE. Program sarjana di Jurusan Teknik Mesin ini mulai membuka Jalur Pilihan (“option”) Teknik Produksi & Metalurgi pada tahun 1974. Beberapa tenaga dosen dari Kelompok Bidang Keahlian Teknik Produksi & Metalurgi dikirimkan untuk studi lanjut di Jerman, Belgia, Amerika Serikat dan Perancis.

Selain itu, kerjasama dengan Katholieke Universiteit Leuven di Belgia dilakukan, khususnya dengan Mechanical Engineering Department dan Metallurgical Engineering Department, yang berlangsung sejak 1971 hingga 1999. Kerjasama ini meliputi pendidikan lanjut, bantuan sarana laboratorium, dosen tamu, dan pelatihan untuk teknisi laboratorium. Pada tahun akademik 1988 / 89, Jurusan Teknik Mesin ITB mulai membuka Program Magister Teknik Mesin dengan salah satu Jalur Pilihan Teknik Produksi dan Material.

Pages