PKS BUKA LOWONGAN CALEG, BURUAN DAFTAR!!!

Partai Keadilan Sejahtera Sumatera Selatan membuka peluang bagi masyarakat eksternal partai untuk menjadi calon anggota legislatif (caleg). Pendaftaran mulai dibuka hari ini, Kamis (12/6) di Kantor PKS.

Ketua Humas PKS Sumsel Syaiful Fadli mengatakan, calon anggota DPRD provinsi, dan kabupaten/kota, yang bukan kader PKS harus mengikuti tes kompetensi.

Tes kompetensi bertujuan untuk mengetahui kemampuan calon legislatif yang dapat menjalankan dan mewujudkan PKS sebagai partai yang Peduli, Bersih, dan Profesional.

Persyaratan bagi caleg adalah beragama Islam, berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun, pendidikan terakhir minimal SMA sederajat. “Dan bersedia menjadi anggota PKS. Jadi pendaftaran ini khusus untuk masyarakat yang berada di luar partai,” katanya.

Pelaksanaan tes kompetensi akan dilaksanakan di Aula DPRD Sumsel pada 22 Juni mendatang.

Selain PKS, menghadapi Pemilu 2009, Partai Hanura juga membuka lowongan bagi yang ingin mendaftarkan diri sebagai caleg meski bukan anggota partai tersebut.

"Sekali lagi saya tawarkan, bagi yang belum dicalonkan sebagai anggota legislatif untuk mendaftarkan diri sebagai caleg dari Hanura, asalkan setelah itu yang bersangkutan memiliki kartu tanda anggota (KTA)," kata Ketua Umum Hanura Wiranto.

Mantan Panglima ABRI itu mengatakan, pihaknya telah melakukan penjaringan caleg dan akan berakhir pekan depan. "Yang penting para caleg dan kader partai harus dapat berpikir, bertindak dan bersikap dengan mengedepankan hati nuraninya," kata Wiranto.

Ketua DPP Hanura Bidang Otonomi Daerah, Djafar Badjeber mengatakan, aaat ini sudah terdaftar sebanyak 700 orang calon anggota DPR dan DPRD tingkat provinsi serta kabupaten/kota.

Djafar menjelaskan, mekanisme perekrutan caleg untuk DPR RI diusulkan oleh DPP dan DPD. Usulan dari DPP sebanyak 60 persen dan usulan yang disampaikan oleh DPD untuk caleg DPR RI sebesar 40 persen.

"Cara ini sangat demokratis. Pengurus ataupun kader yang berpotensi mempunyai kesempatan yang sama menjadi caleg. Kita menghargai karena partai ini dibangun dengan kemandirian," katanya







Pages