[Vacancy] Butuh Banyak Caleg Untuk Hanura!!

Menghadapi Pemilu 2009, Partai Hanura membuka lowongan bagi yang ingin mendaftarkan diri sebagai caleg meski bukan anggota partai tersebut.

"Sekali lagi saya tawarkan, bagi yang belum dicalonkan sebagai anggota legislatif untuk mendaftarkan diri sebagai caleg dari Hanura, asalkan setelah itu yang bersangkutan memiliki kartu tanda anggota (KTA)," kata Ketua Umum Hanura Wiranto di Jakarta, Selasa (10/6).

Mantan Panglima ABRI itu mengatakan, pihaknya telah melakukan penjaringan caleg dan akan berakhir pekan depan. "Yang penting para caleg dan kader partai harus dapat berpikir, bertindak dan bersikap dengan mengedepankan hati nuraninya," kata Wiranto.


Ia mengklaim, sudah banyak pihak dari luar partai yang mendaftarkan diri sebagai caleg dari Partai Hanura.

Sementara itu, Ketua DPP Hanura Bidang Otonomi Daerah, Djafar Badjeber mengatakan, Hanura telah melakukan rekrutmen calon legislatif baik untuk DPR RI, DPRD tingkat I maupun tingkat II.

Saat ini sudah terdaftar sebanyak 700 orang calon anggota DPR RI. "Kita sudah lakukan rekrutmen caleg di setiap tingkat. Pendaftaran caleg sudah ditutup untuk sementara waktu pada 7 Juni lalu," katanya.

Djafar menjelaskan, mekanisme perekrutan caleg untuk DPR RI diusulkan oleh DPP dan DPD. Usulan dari DPP sebanyak 60 persen dan usulan yang disampaikan oleh DPD untuk caleg DPR RI sebesar 40 persen.

"Begitu juga dengan perekrutan caleg untuk tingkat I dan II. Untuk caleg DPR tingkat I diusulkan oleh DPD sebesar 60 persen dan DPC 40 persen. Untuk caleg DPRD tingkat II, 60 persen caleg diusulkan oleh DPC dan 40 persen diusulkan oleh PAC," tutur Djafar.

"Cara ini sangat demokratis. Pengurus ataupun kader yang berpotensi mempunyai kesempatan yang sama menjadi caleg. Kita menghargai karena partai ini dibangun dengan kemandirian," katanya.

Djafar menambahkan, para caleg yang mendaftar, tambahnya berasal dari berbagai kalangan, seperti akademisi, pengusaha, profesional, aktifis, pemuda dan perempuan.

"Hanura juga memberikan kesempatan bagi orang yang berpotensi untuk menjadi caleg melalui Partai Hanura," jelasnya.

Sejak ditutup tiga hari lalu, tim seleksi yang disebut juga dengan Badan Calon Legislatif (Bacaleg) telah melakukan seleksi, fit and profer test terhadap caleg yang mendaftar.[L6]


Pages