UI Rencanakan Bangun UI College

Universitas Indonesia (UI) akan membangun Kampus UI College untuk program diploma yang dapat menampung 11.000 mahasiswa di dalam areal Kampus UI Depok, sebagai perwujudan dari rencana pengembangan program diploma menjadi sebuah entitas pendidikan yang tangguh.

Rektor UI Prof Dr Gumilar Rusliwa Somantri, di Depok, Jumat, mengatakan, UI College nantinya akan berstatus badan hukum pendidikan pemerintah (BHPP) dan berada dalam koordinasi UI.

"Perwujudan rencana ini akan menjadi suatu jalur strategis dalam upaya mewujudkan industri dan teknologi tangguh di tanah air," kata Gumilar ketika mewisuda sebanyak 1.644 lulusan program vokasi jenjang diploma di Balairung kampus UI Depok.

Dijelaskannya, UI College akan dibangun di atas lahan seluas 20 hektare di dalam areal Kampus UI yang luas seluruhnya mencapai 100 hektare.

UI College merupakan kampus mandiri dengan gedung seluas 120.000 meter persegi yang memiliki fasilitas, ruang belajar, laboratorium, serta fasilitas pendidikan lainnya sesuai dengan perkembangan teknologi.

Dalam upaya perwujudan rencana tersebut, kata dia, saat ini sedang dilakukan proses penggabungan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) ke dalam Program Vokasi UI.

"Proses ini telah mengalami kemajuan dan diperkirakan pada 2010 telah ada dasar hukum yang jelas mengenai hal ini," katanya.

Selain program vokasi yang telah dimiliki saat ini, katanya, UI juga sedang mengembangkan sejumlah program studi seperti herbal, non distracting testing, paralegal, jantung, paru-paru dan kesehatan masyarakat, untuk menambah keanekaragaman studi dan sesuai dengan tuntutan kebutuhan ke depan.

Menurut dia, UI juga tengah merancang pengembangan program pendidikan vokasi jenjang diploma III ke tahapan program pendidikan jenjang diploma IV yang juga disebut sebagai sarjana terapan.

Pages