Top University: Univa Medan

30 Apr 07 19:07 WIB
Kopertis Dukung Univa
Jadi Pusat Keunggulan Ilmu Islam
Medan WASPADA Online

Koordinator Kopertis Wilayah I SumutNAD Prof. Dr. Hj T Silvana Sinar mendukung sepenuhnya rencana pengembangan Universitas Al Washliyah (Univa) sebagai pusat keunggulan ilmu pengetahuan Islam Asia Tenggara.

Hal itu terungkap dalam silaturahmi Rektor Univa Prof. Dr. H Syahrin Harahap, MA dengan Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut-NAD di kantor Kopertis Medan, Kamis (26/4).

Selain mendukung pengembangan Univa, Kopertis juga berjanji akan mendukung serta membantu operasional pengembangan bahkan memberikan bea siswa sebagaimana mestinya sesuai ketentuan perundang-undangan.

Kopertis juga akan menjadi payung akademik sekaligus menjadi payung semua perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumut-NAD. Kopertis berharap PTS mampu meningkatkan daya saing terutama dalam menghadapi globalisasi.

Dalam pembicaraan silaturahmi itu juga muncul beberapa gagasan pengembangan akademis, riset dan pengabdian pada masyarakat.

Rektor Univa dan Kopertis juga sepakat membuat hubungan khusus kedua pihak.

Menurut Syahrin, tahun ajaran 2007-2008 Univa akan mempublikasikan rencana pengembangan kepada masyarakat terutama pada tingkat SMP seperti mengadakan silaturahmi dan dialog tentang kontribusi pendidikan dalam meningkatkan daya saing bangsa pada Senin (7/5).

Acara itu akan dihadiri para kepala sekolah dan madrasah Al Washliyah se Sumut.

Memiliki potensi kader

Menurut Syahrin, gagasan untuk menjadikan Univa sebagai pusat keunggulan ilmu pengetahuan terbesar Islam dan kader ulama Asia Tenggara, mengingat antara lain Al Washliyah memiliki potensi dan kader yang cukup banyak.

Selain itu, lanjutnya, jajaran ulama Al Washliyah mempunyai akses baik nasional maupun internasional.

Pages